affiliate marketing

Saturday, 21 July 2012

Pengertian Puasa Ramadhan


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” [QS. Al-Baqarah:183] 

Hi Sobat, Bulan ini adalah bulan penuh berkah bagi semua umat Muslim, Bulan Ramadhan telah datang ! Horeeeeeeeeeeeeeeee .. !!
Yang sukanya ngehack2 atau berbuat kriminal dan membuat berita hoax di Internet lebih baik di stop dulu tuh :D, tapi masa bulan ramadhan aja tobatnya, kalau bisa sih ya setiap hari :D..

Anyway, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ya sobat, semoga amal ibadah serta hidupnya diterima oleh Allah SWT. loh ? kidding :d

Ngomong2 soal puasa ni, emang ada yang tau apa itu puasa? saya yakin pasti banyak yang tahu (walaupun mungkin tahunya cuman sekedar menahan lapar dan haus serta nafsu pribadi)

buat yang belum tahu, ni saya kasih tau.. Artikel tentang pengertian ini saya kutip dari seluruh web yang menyediakan pengertian tentang puasa, kemudian saya mix agar dapat dimengerti oleh kaum muda :D

Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan.
kutipan diatas saya ambil dari wikipedia

 Jadi Puasa itu adalah kegiatan secara ikhlas yang sobat lakukan, kegiatan puasa tersebut adalah menahan lapar, haus perbuatan tercela, nafsu, dan hal hal lain yang bisa membatalkan puasa. Puasa dimulai sejak Adzan Shubuh berkumandang sampai dengan Adzan Maghrib Berkumandang.

Terus, kenapa harus susah-susah puasa ? makan itu enak lo, kalau gak makan nanti busung lapar dong ?

Yaelah sob, gak mungkin busung lapar kalau cuman sampai shubuh sampai maghrib doang mah, kecuali gak makan 1 tahun gitu :D. Orang puasa itu menurut saya makannya malah lebih banyak daripada waktu tidak berpuasa. Buktinya sebelum Adzan Magrhib berkumandang banyak sekali yang beli jajanan, entah itu kolak atau es Buah, ya kan.. hayoo ngakuuu ?!!

Fungsi / tujuan puasa selama satu bulan penuh di bulan suci ramadhan adalah sangat baik, yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan yang menciptakan kita Allah SWT.
Berpuasa itu tujuannya untuk merasakan kesederhanaan yang selama ini dirasakan oleh sebagian umat yang tidak beruntung. Logikanya, jika sobat melakukan puasa, sobat akan ingat terus kepada Allah SWT, kok bisa ? Puasa itu belajar susah! manusia itu hanya ketika susah saja ingat kepada Allah SWT! kalau pas lagi bahagia jarang yang ingat! ya kan ?

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan selama kita berpuasa, Apa saja itu :
1. Membuat kita lebih taqwa kepada Allah SWT.
2. Mendapatkan pahala yang melimpah ruah.
3. Memberikan efek yang menyehatkan tubuh kita dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
4. Melatih kita untuk menahan nafsu bejat selama hidup di dunia fana.
5. Mendorong kita untuk selalu berbuat kebajikan.
6. Bisa memasukkan kita ke dalam surga jika kita telah mati.
7. Melatih sabar, pengendalian diri, disiplin, jujur, emosi, dll.
8. Mempersempit jalan aliran darah di mana setan berlalu-lalang.
9. Mempererat tali silaturahmi dengan sahur dan buka puasa bersama.
10. Menghilangkan dosa di antara manusia dengan saling maaf-memaafkan di hari lebaran idul fitri kembali ke fitrah manusia.

Berikut ini adalah beberapa Keutamaan Puasa Ramadhan :
1. Orang yang berpuasa ramadhan bisa masuk ke dalam surga ar-raiyan.
2. Puasa bisa menjadi penebus dosa.
3. Orang yang berpuasa akan mendapatkan kegembiraan.
4. Puasa adalah penangkal.
5. Mendapatkan ganjaran dari Allah tanpa hitungan.
6. Bau mulut orang yang melakukan puasa bagi Allah SWT wanginya lebih wangi dari bau kesturi.
7. Puasa dan Al-quran memberikan syafaat.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah, apakah puasa itu wajib ?
Puasa itu wajib bagi orang yang beriman, tapi yang tidak beriman tidak wajib sama sekali.

Sekian dulu artikel tentang puasa kali ini, semoga bisa membantu sobat semua !
Salam Sukses ! dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa !

 



No comments:

Post a Comment

Bila Sobat mempunyai pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komen yang telah disediakan.
SPAM = SAMPAH