affiliate marketing

Saturday, 4 August 2012

5 Rahasia Keajaiban Puasa

Hi Sahabat.. sudah lumayan lama saya gak posting di Blog ini. Maaf masih sibuk dengan kuliah dan mengurus blog yang lain. hhe :D

Kali ini saya akan membahas tentang Rahasia Keajaiban Puasa. Sebagai Muslim yang beriman kita perlu mempercayai apa saja yang telah di tuliskan di AL-QURAN oleh Allah SWT. Untuk Posting kali ini saya harus ekstra kerja keras melakukan penelitian dan browsing sana sini, karena bermasalah dengan agama, takutnya kalau salah saya berdosa kepada sahabat sekalian.

Okelah, Berikut Ini adalah Rahasia Keajaiban Puasa Menurut Dr. Yusuf Qardhawi dalam kitabnya Al Ibadah Fil Islam mengungkapkan ada lima rahasia puasa. Apa sajakah itu.. Check it out Guys !

1. Puasa Mampu Menguatkan Jiwa

Dalam Perjalanan Hidup kita, musuh yang paling besar sebenarnya adalah Hawa Nafsu kita. Terkadang kita menuruti saja apa kata hawa nafsu tersebut asal kita enak, meskipun kita sudah tau kalau hal itu dilarang oleh agama. Contohnya : Seks diluar Nikah, saya tidak munafik. Terkadang saya pun juga mengalami hal ini. Hal ini akan merugikan kita dan orang lain. Karenanya dalam Islam kita diajarkan untuk memerangi hawa nafsu, memerangi dalam artian "mengendalikan atau mengontrol" Bukan membunuh atau semacamnya. Memang sulit, tapi dengan puasa kita bisa melakukannya. Ya kan ? .
Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmu-Nya. (QS 45:23)

Nah ! Inilah Berkah Puasa Ramadhan untuk Kita semua ! Dengan ibadah puasa, maka kita akan berhasil  mengendalikan hawa nafsu kita yang membuat jiwa menjadi kuat, bahkan dengan demikian, manusia akan memperoleh derajat yang tinggi seperti layaknya malaikat yang suci dan ini akan membuatnya mampu mengetuk dan membuka pintu-pintu langit hingga segala doanya dikabulkan oleh Allah Swt,

2. Puasa  Mendidik Kemauan Kita

Dengan Puasa, Kita mampu meningkatkan kemauan dan niat kita untuk bertindak positif. Contoh yang dekat saja, saya adlalah perokok berat. Jika saya berada di depan komputer bisa menghabiskan 2 pack rokok perharinya. Tapi, ketika saya puasa saya bisa berhenti merokok, ya walaupun itu hanya sampai buka sih :D tapi itu sudah cukup untuk menghemat uang dan mengurangi penyakit. dan masih banyak contoh2 lain yang mungkin sobat alami sendiri.

3. Puasa Menyehatkan Badan

Banyak Kontroversi tentang fakta unik puasa yang satu ini. Karena, banyak yang beranggapan gak mungkin gak makan kok malah sehat. Helloooooo? kok masih gak percaya aja sih.. udah banyak kok fakta2nya di internet, sebenarnya fakta ini udah gak perlu saya beberkan lagi disini. Karena emang udah banyak di internet tentang fakta fakta ini. Saya hanya akan beberkan secara umum saja. Menurut Para Dokter dan ahli kesehatan dunia bahwa pada saat-saat tertentu, perut memang harus diistirahatkan dari bekerja memproses makanan yang masuk sebagaimana juga mesin harus diistirahatkan, apalagi di dalam Islam, isi perut kita memang harus dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara.

4. Puasa Mengenal Nilai Kenikmatan

Dalam perjalanan hhidup kita yang singkat ini, sebenarnya jika kita renungkan secara mendalam, banyak sekali nikmat Allah yang sudah Ia berikan buat kita. Sobat sekalian mampu membaca postingan saya kali ini juga karenaNya. Sudah berapa Nikmat yang Allah berikan ? anda diberi nafas, mata, dan kenyamanan untuk membaca postingan saya kali ini. Iya kan ? Banyak sekali manusia yang akan mengingat Allah ketika Ia hanya kesusahan saja. Saya sendiri pun juga seperti itu. Ketika saya mendapatkan musibah saya selalu berteriak dalam hati saya " Ya Allah kenapa harus aku yang Engkau beri cobaan seberat ini, aku tidak sanggup Ya Allah" tapi ketika saya mendapatkan rejeki atau berkah dari Allah, saya tidak pernah mengucapkan " Ya Allah kenapa harus aku yang Engkau beri rejeki ini". Wajar memang, kita manusia, kadang diberi satu mintanya seribu.


Maka dengan kita  puasa, bukan hanya disuruh memperhatikan dan merenungi tentang kenikmatan yang sudah kita peroleh, tapi kita bisa langsung merasaakan betapa besar sebenarnya nikmat yang Allah berikan kepada kita.
Hal ini karena baru beberapa jam saja kita tidak makan dan minum sudah terasa betul kita sudah lemes sekali, dan pada saat kita berbuka puasa, terasa betul besarnya nikmat dari Allah meskipun hanya berupa sebiji kurma atau seteguk
air.
Allah berfirman yang artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala
Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu
bersyukur, psati Kami akan menambah (nikmat) kepadamu,
dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya
azab-Ku sangat pedih. (QS 14:7)

5. Puasa Mampu Mengingatkan dan Merasakan Penderitaan Orang Lain

Bagi sobat yang kaya mapan dan harta berlimpah, dengan puasa, sobat bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi kaum Allah yang kurang beruntung. Kita hanya perlu merasakan kesusahan beberapa jam sampai waktunya buka. Tapi, saudara kita yang belum beruntung entah sampai kapan harus mengalami nasib tersebut. Kita hanya menahan lapar dan haus sebentar saja, Saudara kita yang nelum beruntung ? sampai kapan ? entahlah Hanya Tuhan yang tahu.
Dengan puasa, semestinya akan menumbuhkan dan memantapkan
rasa solidaritas kita kepada kaum muslimin lainnya yang mengalami penderitaan yang hingga kini masih belum teratasi, seperti penderitaan saudara-saudara kita di Ambon atau Maluku, Aceh dan di berbagai wilayah lain di anah Air serta yang terjadi di berbagai belahan dunia ainnya seperti di Chechnya, Kosovo, Irak, Palestina dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebagai simbol dari rasa solidaritas itu, sebelum Ramadhan berakhir, kita diwajibkan untuk menunaikan zakat agar dengan demikian setahap demi setahap kita bisa mengatasi persoalan-persoalan umat yang
menderita. Bahkan zakat itu tidak hanya bagi kepentingan orang yang miskin dan menderita, tapi juga bagi kita yang mengeluarkannya agar dengan demikian, hilang kekotoran jiwa kita yang berkaitan dengan harta seperti gila harta,
kikir dan sebagainya.

Allah berfirman yang artinya: Ambillah zakat dari sebagian
harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan
mensucikan mereka dan mendoakanlah untuk mereka.
Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman
jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha
Mengetahui. (QS 9:103)

Oke sobat sementara postingan tentang fakta unik puasa cukup sekeian dulu karena bahannya sudah habis :D


Salam sukses !

No comments:

Post a Comment

Bila Sobat mempunyai pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komen yang telah disediakan.
SPAM = SAMPAH